Inovasi Aplikasi PRS Membuat BPJS Tenaga Kerja, Hemat Kertas

Surabaya - Jelang akhir tahun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Cabang Surabaya Rungkut, melakukan sosialisasi aplikasi Payment Reminder Rystem atau PRS.
Melalui aplikasi ini, informasi yang diberikan kepada peserta BPJS tenaga kerja terkait keterlambatan pembayaran iuran atau premi tidak lagi diterbitkan melalui surat, melainkan akan disampaikan melalui lewat pesan singkat ke nomor telepon sosial masing-masing. 

Kepala Bidang Pemasaran BPJS Cabang Surabaya Rungkut, Sodik Kurnia, mengungkapkan, aplikasi ini bertugas memberitahu dan mengingatkan perusahaan peserta jaminan sosial bahwa waktu pembayaran iuran sudah jatuh tempo. 

Pemberitahuan tersebut dikirimkan seminggu sebelum jatuh tempo. 

"Pemberitahuan ini dikirim melalui pesan pendek atau sms yang berisikan tentang besaran nilai pembayaran iuran setiap bulan. Dengan adanya aplikasi PRS ini kami berharap peserta akan melakukan pembayaran secara tertip dan tepat waktu," ujar Sodik saat Sosialisasi Payment Reminder System dan Elektronic Service, Kamis (29/12/2016). 

Layanan PRS ini gratis, namun untuk mendapatkan layanan ini perusahaan tetap harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara mengisi blanko yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.
Setelah mengisi blanko yang disediakan, maka secara berkala perusahaan ini akan mendapatkan pemberitahuan besaran iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, lengkap dengan informasi yang lain. 

Menurut Sodik, program ini diwajibkan bagi perusahaan peserta jaminan sosial dengan nilai iuran di bawah Rp 5 juta per bulan. Karena biasanya perusahaan yang masuk kategori menengah kecil ini miliki kebiasaan menunda dalam melakukan pembayaran. Sementara hingga saat ini, jumlah perusahaan yang sudah mendaftar layanan PRS secara nasional baru mencapai 17 ribu perusahaan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top