PT Sekar Group Peraih Penghargaan Sidoarjo Partnership Program Best Environment


Sidoarjo - Monumen Jayandaru berdiri kukuh. Menjulang. Tepat di jantung Kota Delta. Pas di sekitar alun-alun. Desainnya unik dan menarik. Di bagian puncak, terdapat patung udang dan bandeng yang saling melilit.

Udang dan bandeng tidak lain adalah simbol Sidoarjo. Nah, ada sebuah ornamen khas pada bundaran udang dan bandeng itu. Kerupuk. Monumen Jayandaru termasuk bangunan jangkung di Sidoarjo. Tingginya mencapai 23 meter. Kini monumen itu menjadi landmark. Tetenger baru. Setiap hari monumen tersebut menjadi jujukan warga.

Terlebih lokasinya dekat dengan alun-alun yang kini berubah asri. Tidak sedikit warga yang menjadikannya sebagai view saat berfoto. Nama Jayandaru diambil dari bahasa Sanskerta. Kabarnya, Jayandaru adalah buah pohon jatiwasesa yang tumbuh di sebuah lingkungan kerajaan.

Biasanya pohon itu menjadi salah satu simbol lingkungan yang mengandung makna kejayaan. Nah, tetenger tersebut tidak dibangun pemkab. Tetapi atas bantuan PT Sekar Grup.

’’Jadi, Sidoarjo tidak lagi terkenal sebagai kota lumpur, tetapi menjadi kota kerupuk,’’ ungkapnya. Memilih desain pun tidak asal. Sekar Grup memercayakan bentuk bangunan pada seniman ternama.

Yakni, I Wayan Winten. Pria asal Pulau Dewata itu sudah dikenal sebagai seninam jempolan. Puluhan karya seni lahir dari ide dan goresan tangannya. Sebut saja patung Saraswati di Istana Bogor dan patung Dewaruci di Bali.

Lokasi berdirinya monumen juga menjadi pembahasan serius. Awalnya, terdapat sejumlah titik yang menjadi usulan. Akhirnya, lokasi mengerucut di alun-alun.

Alasannya, selain menjadi pusat keramaian, alun-alun merupakan taman bermain bagi warga. ’’Kami ingin mengintegrasikan monumen dan taman,’’ katanya.

Lalu, nama Jayandaru. Ternyata, nama itu merupakan buah pemikiran dari Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Pemkab Sidoarjo M. Bahrul Amig. Monumen Jayandaru hanya satu di antara bantuan Sekar Grup melalui program corporate social responsibility (CSR). Masih ada banyak bantuan lain sejak perusahaan tersebut berdiri.

Berkat dedikasinya dalam pembangunan Kota Delta, Sekar Grup mendapat award Sidoarjo Partnership Program (SPP) untuk kategori Best Environment.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyampaikan terima kasihnya pada Sekar Grup. Dia mengakui, Monumen Jayandaru kini turut membuat Sidoarjo semakin dikenal.

Bukan hanya di Jawa Timur, Indonesia, tetapi juga mancanegara. ’’Ke depan saya berharap dan optimistis berkat kerja sama antara pemkab dan semua kalangan, Sidoarjo akan semakin dikenal,’’ paparnya.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top