SMA Petra 2 Surabaya Juara Olimpiade Pendidikan Perbankan


Surabaya - SMA Petra 2 Surabaya menjuarai Sampoerna Business Olympic (SBO) yang diadakan di Jakarta. Olimpiade ini diikuti oleh total 90 orang pelajar SMA dari berbagai kota dari Aceh, Palembang, hingga kota-kota di Jawa.

SBO merupakan olimpiade perbankan pertama di Indonesia yang diadakan sebagai bagian dari program edukasi keuangan yang diadakan oleh Bank HSBC dan Putera Sampoerna Foundation melalui Sampoerna University.

Bambang Setiono Ph.D., Dosen Sampoerna University mengatakan, Sampoerna Business Olympic (SBO) adalah bagian dari usaha membangun ketertarikan anak muda kepada edukasi keuangan dan perbankan.

"Kami berharap para peserta nantinya bisa lebih antusias untuk mempelajari industri perbankan karena industri ini dapat membantu banyak orang meningkatkan kesejahteraan. Berawal dari kompetisi ini, kami juga berharap mereka bisa menjadi bibit bankir Indonesia yang siap menghadapi persaingan global," ujar Bambang.

SMA Petra 2 Surabaya menjuarai SBO setelah melewati tahapan tes online, pembuatan video kreatif dan grand final, termasuk debat terkait perbankan dalam Bahasa Inggris. Dalam pembuatan video kreatif di awal kompetisi, SMA Petra 2 menggarisbawahi edukasi keuangan bagi kalangan UMKM.

Menjelang final, para finalis juga sempat dikarantina oleh penyelenggara guna menyiapkan strategi saat akan berkompetisi. Ivan mengaku mendapat banyak pengalaman berharga saat mengikuti seluruh tahapan olimpiade, termasuk saat karantina.

"Ini merupakan pengalaman pertama kami mengikuti perlombaan mengenai perbankan. Di Olimpiade ini, wawasan kami menjadi lebih luas mengenai perbankan dan UMKM. Waktu karantina, kami bisa berinteraksi dengan peserta lain dan saling bertukar pikiran. Di situlah, kami membangun strategi-strategi supaya bisa menang saat kompetisi dan debat," ujarnya.

Pemenang kedua SBO diraih SMAN 8 Yogyakarta dan juara ketiga diraih SMA Unggulan MH. Thamrin Jakarta. Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa medali juara serta hadiah tabungan pendidikan sebesar Rp 25 juta untuk pemenang utama, Rp 15 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 10 juta untuk pemenang ketiga.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top