Hari Ini Gubernur Jatim Lantik 785 Kepala SMA/SMK se-Jatim

Pakde Karwo pada saat wawancara tanggal 28/12/2016

Surabaya - Sebanyak 785 kepala sekolah SMP/SMK se-Jatim dilantik Pakde Karwo hari ini (4/1/2017). Pelantikan yang sebelumnya di jadwalkan pada Selasa (3/1/2017) itu mundur menjadi hari ini.

"Jadwal pelantikan akan dilaksanakan pada Selasa 3 Januari 2017 di Grahadi. Kalau pelantikan dibarengkan dengan pelantikan pejabat struktural lainnya, tidak muat tempatnya. Kemarin saja (pelantikan pejabat eselon II, III dan IV, red) waktunya hingga sore hari. Karena jumlah pejabat eselon IV yang dilantik jumlahnya mencapai 1.444 orang, jadi dibagi dua gelombang," kata Gubernur Jatim Soekarwo, Rabu (28/12/2016).

Pelantikan kepala sekolah dan kepala TU tersebut sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan kewenangan SMA/SMK dikelola Pemprov.

Kepala sekolah yang dilantik, kata Pakde Karwo, merupakan orang-orang yang sebelumnya berada di posisi sama, namun akan diberlakukan sistem evaluasi sebagai bentuk komitmen terhadap kinerjanya.

"Prinsipnya, kepala sekolah selama setahun lalu ini tetap dipakai, tapi setahun ke depan ada evaluasi agar ada peningkatan pada tugas pokok dan fungsinya. Jadi untuk sementara tidak ada yang diganti," jelas mantan Sekdaprov Jatim tersebut.

Semua kewenangan dan kebijakan SMA/SMK nanti harus sejalan dengan kebijakan provinsi.

"Apakah semua bersedia untuk diambil sumpah jabatan?" tanya Pakde Karwo sebelum memimpin pelantikan.

Ya, untuk pertama kalinya Kepala SMA/SMK dilantik gubernur. Sebelumnya mereka cukup dilantik di tingkat kabupaten/kota oleh bupati atau wali kota

Khusus Surabaya muncul polemik karena SPP gratis SMA/SMK tak lagi berlaku.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top