Listrik, BBM, Dan Surat Kendaraan Bermotor Naik, Lalu Apa Selanjutnya??


Lintas.biz.id - Masyarakat sudah cukup terbebani dengan kenaikkan harga BBM dan Tarif Dasar Listrik (TDL), ditambah lagi saaat ini pemerintah menaikan Pajak (PNBP) kendaraan bermotor.

Menurut Direktur Indonesia Tax Center (INTAC), Basuki Wibowo, langkah pemerintah untuk menaikkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kendaraan bermotor akan menambah beban masyarakat.

"Menurut saya ini tidak adil," ujar Basuki dalam pemaparannya di kantor Seknas Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2017).

Pemerintah diminta untuk mengkaji ulang kebijakan menaikkan tarif listrik, harga bahan bakar minyak (BBM), dan pengurusan surat kendaraan bermotor. Sebab, bedasarkan keterangan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, hal tersebut pasti akan membebani rakyat.

"Menurut saya pemerintah harus memikirkan lebih panjang lagi karena masyakat mengalami beban ekonomi yang cukup berat, cabe rawit saja sampai seratus ribu," kritiknya di saat dihubungi awak media, Kamis (5/1/2017).

Menurutnya, pemerintah harus mendalami nuasa batin masyarakat khususnya menengah kebawah. Masyarakat menengah kebawah tengah mengalami kesulitan atau bahasa lainnya mengalami penurunan daya beli masyarakat. Polisi sebagai salah satu lembaga yang menerima PNBP kendaraan bermotor adalah lembaga yang masih terus menyempurnakan dirinya agar terbebas dari korupsi.

"Kalau kewajiban-kewajiban ini dinaikkan lagi, akan perberat keadaan. Ini harus dipikirkan secara matang oleh pemerintah," tegas dia.

Turunnya daya beli masyarakat, akan berujung pada ketidakmanpuan masyarakat mengkonsumsi produk dan jasa dalam negeri. Akibatnya, lanjut dia, nilai ekonominya menjadi turun kembali. "Jadi kesusahan dan kesulitan makin tinggi," sebutnya.

Efeknya tak hanya itu. Perusahaan dan juga pabrik di Indonesia akan alami kesulitan dalam memasarkan karena masyarakat tidak mampu mengkonsumsi produk dalam negeri. "Lama-lama perusahaan akan alami kebangkrutan, kalau bangkrut akan ada PHK dan mempekeruh keadaan," ucap politikus Partai Demokrat itu.

Sehingga yang paling tepat menurutnya, pemerintah harus menaikkan daya beli masyarakat menengah ke bawah terlebih dahulu. Dengan begitu, dampaknya postif. Dengan adanya kejadian - kejadian ini tentu jelas membuat masyarakat resah, ketika semua naik lalu apa selanjutnya ??


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top