Peneliti Ungkap Masa Kelahiran Dinosaurus


Lintas.biz.id - Studi terbaru berhasil mengungkap masa kelahiran Dinosaurus yang belum banyak diketahui. Sebelumnya, ilmuwan beranggapan bahwa Dinosaurus memiliki masa inkubasi sama dengan hewan unggas yang berkisar 11 hingga 85 hari.

Kini mereka telah menemukan fakta bahwa Dinosaurus yang bukan dari keluarga unggas, memiliki masa penetasan dari telur berkisar tiga hingga enam bulan, sebagaimana dikutip Mirror, Senin (9/1/2017).

Garis pertumbuhan gigi dari embrio Dinosaurus menunjukkan perlambatan yang berlangsung selama beberapa bulan. Hasilnya diketahui bahwa perkembangan yang lambat dari Dinosaurus dapat memengaruhi mereka untuk bersaing dengan populasi yang cepat seperti burung.

Reptil dan mamalia sendiri diketahui telah punah sekira 65 juta tahun lalu. Sedangkan ilmuwan dapat mengetahui perkembangan kelahiran Dinosaurus berdasarkan alat CT Scan dan mikroskop dengan resolusi tinggi.

"Kami mengetahui sedikit tentang embriologi Dinoasaurus, namun lebih berkaitan dengan banyak aspek seperti perkembangan, riwayat hidup, dan evolusi," kata Mark Noell, wakil penulis jurnal ilmiah.

"Dengan bantuan alat canggih seperti CT scan dan mikroskop beresolusi tinggi, kami membuat penemuan yang tak terbayangkan selama 20 tahun lalu," imbuhnya,.

Menurut Noell penemuan ini akan menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana teknologi dan ide-ide baru bisa dibawa ke dalam permasalahan lama seperti benda pra-sejarah.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top